Menurut saya sendiri beberapa factor utama selain beberapa factor pendukung diantaranya :
1. Kualitas produk
Sudah pasti apabila kualitas produk tersebut baik maka masyarakat akan setia menggunakan produk tersebut
2. Kemasan yang menarik
Jangan meremehkan fungsi dari sebuah kemasan. Saya sendiri sering tertarik untuk melihat suatu produk apabila produk tersebut terlihat eye catching dan menarik perhatian, mungkin itu karena bentuk kemasan atau desain dan warna dari kemasannya. Mungkin yang sebelumnya orang tidak berniat membeli tetapi malah jadi membeli produk tersebut.
Itulah sebabnya Desainer Produk dibutuhkan.
3. Promosi
Kunci promosi yang berhasil bukan ditentukan dari frekuensi produk tersebut diiklankan, tetapi seberapa hebat promosi tersebut dapat membuat masyarakat menggunakan produk tersebut. Diantaranya iklan dari produk tersebut cukup menarik perhatian seperti iklan-iklan yang bersifat atraktif contohnya iklan rokok Sampoerna Mild yang menurut saya sebagai iklan yang cerdas. Kenapa? Karena iklan tersebut tidak menggambarkan orang yang sedang merokok (karena di Negara ini ada peraturan yang melarang produsen rokok untuk mempromosikan produknya dengan adegan orang sedang merokok) tetapi mengkritik penyimpangan-penyimpangan yang terjadi disekitar masyarakat sampai pejabat Negara. Dengan slogannya “Tanya-Kenapa?”
4. Inovasi
Untuk meruntuhkan kesuksesan produk saingan kita harus melakukan inovasi pada produk kita, contohnya yaitu inovasi. Mie Sedaap dari Wings Food telah membuat produsen Indomie kalang kabut, karena berhasil merebut 15 % pasar mie instant di Indonesia yang selama ini dikuasai Indofood dengan senjatanya yaitu kriuk dari Mie Sedaap.
5. Merek/Brand
Brand image yang kuat dari sebuah produk jelas sulit untuk digantikan. Apa saja contohnya?
- Indomie
Mayoritas orang
- Rinso
Hampir mirip dengan indomie bahwa kebanyakan masyarakat
Dan masih banyak lagi produk yang memiliki brand image yang kuat seperti Tensoplast, Harley Davidson, Type-Ex dan lain-lain.
1 Response to Faktor Kesuksesan Sebuah Produk
Let's return to a theme
Post a Comment