--

Ada banyak strategi untuk menetukan kesuksesan sebuah produk. Apabila strategi tersebut berhasil dilaksanakan maka penjualan produk tersebut sudah pasti akan meningkat.

Menurut saya sendiri beberapa factor utama selain beberapa factor pendukung diantaranya :

1. Kualitas produk

Sudah pasti apabila kualitas produk tersebut baik maka masyarakat akan setia menggunakan produk tersebut

2. Kemasan yang menarik

Jangan meremehkan fungsi dari sebuah kemasan. Saya sendiri sering tertarik untuk melihat suatu produk apabila produk tersebut terlihat eye catching dan menarik perhatian, mungkin itu karena bentuk kemasan atau desain dan warna dari kemasannya. Mungkin yang sebelumnya orang tidak berniat membeli tetapi malah jadi membeli produk tersebut.

Itulah sebabnya Desainer Produk dibutuhkan.

3. Promosi

Kunci promosi yang berhasil bukan ditentukan dari frekuensi produk tersebut diiklankan, tetapi seberapa hebat promosi tersebut dapat membuat masyarakat menggunakan produk tersebut. Diantaranya iklan dari produk tersebut cukup menarik perhatian seperti iklan-iklan yang bersifat atraktif contohnya iklan rokok Sampoerna Mild yang menurut saya sebagai iklan yang cerdas. Kenapa? Karena iklan tersebut tidak menggambarkan orang yang sedang merokok (karena di Negara ini ada peraturan yang melarang produsen rokok untuk mempromosikan produknya dengan adegan orang sedang merokok) tetapi mengkritik penyimpangan-penyimpangan yang terjadi disekitar masyarakat sampai pejabat Negara. Dengan slogannya “Tanya-Kenapa?”

4. Inovasi

Untuk meruntuhkan kesuksesan produk saingan kita harus melakukan inovasi pada produk kita, contohnya yaitu inovasi. Mie Sedaap dari Wings Food telah membuat produsen Indomie kalang kabut, karena berhasil merebut 15 % pasar mie instant di Indonesia yang selama ini dikuasai Indofood dengan senjatanya yaitu kriuk dari Mie Sedaap.

5. Merek/Brand

Brand image yang kuat dari sebuah produk jelas sulit untuk digantikan. Apa saja contohnya?

- Indomie

Mayoritas orang Indonesia menyebut mie instant dengan kata indomie, padahal indomie bukan nama makanan tetapi sebuah merek mie instant keluaran Indofood. Seperti yang sudah saya sebut tadi bahwa indomie memiliki brand image yang sangat kuat di masyarakat setelah belasan tahun produk ini dipasarkan

- Rinso

Hampir mirip dengan indomie bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia apabila menyebut deterjen dengan sebutan rinso (saya sendiri termasuk pelakunya hehehe)

Dan masih banyak lagi produk yang memiliki brand image yang kuat seperti Tensoplast, Harley Davidson, Type-Ex dan lain-lain.

1 Response to Faktor Kesuksesan Sebuah Produk

18 May 2011 at 08:11

Let's return to a theme